Jumat, 13 April 2012

Bangun buat Qiyamullail yuk.. :)

 

Tips Mudah Bangun Malam Untuk Qiyamullail

Andai aja tiap orang tahu tentang keutamaan dan rahasia besar yang terkandung dalam detik-detik waktu malam hari, pasti mereka nggak akan ngelewatin waktu malam hari berlalu gitu aja, tanpa melakukan berbagai macam ibadah atau zikir-do’a di dalamnya. Terlebih-lebih lagi saat tiba waktu tengah malam atau sepertiga malam yang terakhir. Disanalah puncak dari keistimewaan waktu akan didapatkan.
Ini nih beberapa tips yang bisa kita gunain buat ngebantu kita buat bangun malam tiap harinya untuk Qiyamullail… Penasaran? Ini diaaa… \(^^)/
1.    Biasakan tidur di awal waktu beberapa saat setelah sholat isya’
Jangan bergadang untuk hal-hal yang tidak penting, yang akhirnya hanya akan membuat mata kita jadi terlampau lelah dan mengantuk untuk bangun di sepertiga malam.

2.    Bersungguh-sungguh mengamalkan adab-adab sebelum tidur
Biasakan berwudhu, sholat sunnah, berdzikir dan berdoa sebelum tidur. Jangan tidur dalam keadaan berhadats (terutama hadats besar), karena hal ini akan menimbulkan kemalasan di waktu bangun malam.

3.    Tidak banyak makan sebelum tidur
Yang dimaksud adalah dianjurkan ketika hendak tidur perutnya tidak penuh dengan makanan.

4.    Tidak tidur terlalu lama di siang hari
Ibnu Abbas berpendapat bahwa terdapat 3 macam tidur. Pertama tidur pagi yaitu tidur oang pembohong, kedua tidur sebentar di siang hari yaitu tidurnya orang-orang berbudi pekerti , dan yang terakhir adalah tidur sore hari, ini adalah tidurnya orang bodoh.

5.    Tidur hanya menghadap ke arah kiblat, diatas pinggul sebelah kanan, dan berdoa
Membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, an-Naas, kemudian membasuhkan kedua tangan ke tubuh. Dari kepala dan wajah dan sisa anggota tubuh yang lain, dan dilakukan sebanyak tiga kali.

6.    Mengucap zikir-zikir sebelum tidur
Membaca tasbih 33x, hamdalah 33x, takbir 33x, membaca awal surat al-Baqarah hingga ayat kelima, membaca ayat kursi, atau akhir surat albaqarah ayat 284-286.

7.    Sucikan hati
•    Menjaga hati dari gila dunia
•    Tidak sering berangan-angan
•    Banyak mempelajai manfaat shalat malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar